Rabu, 07 November 2007

Evaluasi Kegiatan Muhammadiyah



EVALUASI KEGIATAN

MUHAMMADIYAH

RANTING : ..............................................................

CABANG : ..............................................................

DAERAH : ..............................................................

Petugas Pendataan

1. Nama ……………………………… Prodi ……….

2. Nama ……………………………… Prodi ……….

3. Nama ……………………………… Prodi ……….

4. Nama ……………………………… Prodi ……….

5. Nama ……………………………… Prodi ……….

6. Nama ……………………………… Prodi ……….

7. Nama ……………………………… Prodi ……….

8. Nama ……………………………… Prodi ……….

9. Nama ……………………………… Prodi ……….

PANDUAN WAWANCARA UNTUK PENELITIAN

TENTANG EVALUASI PROYEK-PROYEK MUHAMMADIYAH

I. Gerakan Jama'ah dan Dakwah Jama'ah (GJDJ)

A. Tingkat Pemahaman Terhadap GJDJ

1. Apakah Anda pernah tahu/mendengar tentang program GJDJ?

a. Kalau belum:

1) Apakah tidak ada informasi yang diberikan oleh Pimpinan Ranting terdahulu?

2) Apakah tidak ada informasi dari PimpinanCabang/Daerah/Wilayah tentang program tersebut?

b. Kalau sudah:

1) Darimana Anda tahu/mendengar program tersebut?

2) Apakah Anda pemah membaca buku panduan tentang GJDJ?

3) Apakah Anda pernah membaca "Keputusan Muktamar Muhammadiyah Ke-38 tahun 1971"?

2. Menurut Anda, apakah sebenamya yang dimaksud GJDJ itu?

3. Apakah tujuan diadakannya program tersebut?

4. Apakah yang menjadi sasarannya?

5. Apa sajakah kegiatan/aktivitas/program GJDJ itu?

6. Siapakah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan/pengelolaannya?

B. Pelaksanaan/lmplementasi Program

1. Pengorganisasian subjek (pembina jama'ah)

a. Apa peran PRM dalam aktivitas dakwah di lingkungan ini?

b. Siapa sajakah yang ikut berperan dalam pelaksanaan aktivitas dakwah?

c. Apakah di lingkungan ranting ini ada kelompok-kelompok jama'ah?

d. Siapakah yang membentuk kelompok-kelompok tersebut?

e. Ada berapa kelompok? Siapa saja ketua/koordinatornya?

f. Berapa jumlah anggota tiap kelompok jama'ah tersebut?

g. Apakah ketua/koordinatomya merupakan anggota corps muballigh/mubalighat atau aktivis/pengurus dalam Persyarikatan Muhammadiyah?

2. Pengorganisasian objek (jama'ah)

a. Apakah PRM pemah mengadakan sensus anggota?

b. Apakah PRM pemah mengadakan up-grading/pelatihan muballigh/mubalighat?

c. Apakah PRM membentuk corps muballigh/mubalighat?

d. Apakah PRM mempunyai data-data penduduk (monografi) desa?

e. Apakah data monografi desa tersebut dijadikan dasar pembentukan kelompok jama'ah?

f. Kegiatan apa sajakah yang biasa dilakukan oleh para muballigh/muballighat tersebut?

g. Bagaimanakah respon atau tanggapan masyarakat terhadap muballigh/muballighat tersebut?

h. Apakah dalam melaksanakan kegiatan dakwahnya, para muballigh/muballighat tersebut menggunakan nama Persyarikatan?

i. Apakah di lingkungan ranting ini ada kegiatan-kegiatan ekonomi produktif?

j. Apakah kegiatan itu merupakan kegiatan individu atau kelompok?

k. Siapakah yang bertanggung jawab/menjalankannya?

l. Apakah warga masyarakat, khususnya anggota dan pengurus Persyarikatan Muhammadiyah, terbiasa untuk melaksanakan sholat berjama'ah? Di manakah tempat mereka sholat berjamaah tersebut? Berapa waktu?

m. Apakah anggota dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah terlibat aktif dalam pendidikan keagamaan untuk anak melalui TPA atau madrasah?

3. Indikasi program GJDJ tidak berjalan

a. Apakah program ini sudah disosialisasikan?

b. Apa sajakah yang menjadi kendala pelaksanaan program ini?

c. Apakah PCM, PDM, dan/atau PWM memberikan pembinaan untuk pelaksanaan program GJDJ ini?

d. Apakah SDM di tingkat ranting, baik kuantitas maupun kualitas mencukupi?

e. Apakah ada kendala-kendala yang disebabkan oleh faktor ekstemal? Apa sajakah itu?

f. Apa upaya dan usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut?

C. Evaluasi terhadap pelaksanaan program GJDJ

1. Indikasi program GJDJ berjalan/tetap eksis

a. Menurut Anda, bagaimanakah pelaksanaan program GJDJ selama ini?

b. Apakah pernah ada evaluasi terhadap pelaksanaan program ini?

c. Apa sajakah yang dihasilkan dari evaluasi tersebut?

d. Menurut Anda, apa sajakah yang menjadi faktor pendukung berjalannya program ini?

e. Apakah program GJDJ ini masih layak untuk diteruskan?

f. Kira-kira bagaimanakah peluang keberhasilan program ini pada masa yang akan datang?

g. Apa sajakah hambatan dan ancaman yang mungkin akan dihadapi dalam pelaksanaan program ini?

h. Menurut Anda, apa sajakah yang harus dipersiapkan dan diupayakan oleh kader-kader Persyarikatan Muhammadiyah untuk bisa terus mengembangkan dan memajukan program GJDJ ini?

II. Dakwah Kultural Muhammadiyah

A. Tingkat pemahaman terhadap Dakwah Kultural

1. Apakah Anda tahu/pernah mendengar gerakan dakwah kultural Muhammadiyah?

2. Dari manakah Anda mengetahui/mendengar gerakan tersebut?

3. Apakah Anda pernah membaca buku Dakwah Kultural yang diterbitkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah?

4. Apakah Anda pernah membaca artikel yang membahas dakwah kultural tersebut? Kapan dan dari media manakah Anda membacanya?

5. Apakah Anda pernah mengikuti pelatihan/workshop tentang dakwah kultural?

6. Siapakah penyelenggaranya? Kapankah kegiatan tersebut dilaksanakan?

7. Menurut Anda, apakah gerakan dakwah kultural itu?

8. Apakah maksud dan tujuan diadakannya dakwah kultural tersebut?

9. Melalui apa sajakah gerakan dakwah kultural itu dapat dilaksanakan?

10. Apa sajakah yang harus dilakukan anggota/pimpinan ranting untuk dapat mensukseskan gerakan dakwah kultural tersebut?

11. Bagaimanakah pendapat/penilaian Anda terhadap dakwah kultural Muhammadiyah tersebut?

B. Dakwah kultural dan budaya lokal

Indikator:

1. Pemahaman atas budaya lokal dan ritual keagamaan

2. Apresiasi/penghargaan terhadap kebudayaan masyarakat

Pertanyaan:

1. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan budaya lokal?

2. Apakah di lingkungan ranting Muhammadiyah ini ada aktivitas budaya lokal? Apa sajakah bentuknya? Siapakah yang bertanggung jawab?

3. Apakah anggota Pimpinan Ranting Muhammadiyah juga pernah terlibat dalam aktivitas tersebut? Sejauh manakah keterlibatannya?

4. Apakah di lingkungan ranting Muhammadiyah ini ada juga aktivitas keagamaan yang bersinggungan/berhubungan dengan budaya lokal masyarakat? Apa sajakah bentuknya?

5. Apakah anggota Pimpinan Ranting Muhammadiyah juga pernah terlibat dalam aktivitas tersebut? Sejauh manakah keterlibatannya?

C. Dakwah kultural dan budaya global

Indikator:

1. Respons terhadap isu-isu kontemporer.

2. Masuk dalam komunitas-komunitas kelompok menengah ke atas

3. Masuk dalam komunitas-komunitas kelompok menengah ke bawah

Pertanyaan:

1. Apakah Muhammadiyah pernah mengadakan diskusi/seminar berkaitan dengan isu-isu kontemporer; misal: demokrasi, spiritualisme baru, kemiskinan, HAM, perburuhan, dan lain sebagainya? Berapa kali? Apa sajakah hasilnya?

2. Pernahkah Muhammadiyah ikut serta dalam aksi demontrasi? Berapa kali? Apa sajakah isu yang diangkat?

3. Pernahkah Muhammadiyah menggagas aksi demontrasi? Apa saja isu yang diangkat?

4. Pernahkah Muhammadiyah menjalin hubungan dengan asosiasi/lembaga profesi? Apa saja?

5. Apakah Muhammadiyah pernah menjalin hubungan dengan kelompok-kelompok per-tanian?

6. Apakah Muhammadiyah pernah menjalin hubungan dengan kelompok-kelompok nelayan?

7. Apakah Muhammadiyah pernah menjalin hubungan dengan kelompok-kelompok buruh?

8. Apakah Muhammadiyah pernah melakukan pendampingan terhadap anak jalanan?

D. Dakwah kultural dan kesenian

Indikator:

1. Interaksi dengan komunitas kesenian

2. Pengembangan kesenian masyarakat

3. Penghargaan terhadap prestasi seniman

Pertanyaan:

1. Apakah PRM mempunyai lembaga/bidang/departemen kesenian?

2. Apakah PRM sudah membentuk/mempunyai kelompok kesenian?

3. Kalau ya, Apa bentuknya?

4. Kalau tidak, mengapa? Apa alasan dan penyebabnya?

5. Apakah PRM menjalin hubungan dengan komunitas/kelompok kesenian di sekitar?

6. Bila sudah, bagaimanakah bentuk hubungan tersebut?

7. Bila tidak, mengapa? Apa alasan dan penyebabnya?

8. Apakah PRM memanfaatkan/menggunakan budaya-budaya lokal yang ada dalam masyarakat sebagai wahana dakwah? Seperti apa contohnya? Bagaimanakah hasilnya?

9. Apakah Muhammadiyah membentuk forum-forum yang mewadahi aktivis seni?

10. Apa bentuknya?

11. Apakah PRM/PCM/PDM menyediakan tempat untuk aktivitas kesenian? Di mana tempat tersebut disediakan?

12. Apakah tempat tersebut dimanfaatkan dengan baik? Kapankah itu?

13. Pernahkan PRM mengadakan kerjasama dengan lembaga pendidikan baik Muhammadiyah maupun umum, dalam rangka memperkenalkan seni, khususnya sastra, teater, dan film?

14. Apa sajakah usaha yang dilakukan Muhammadiyah untuk memperkenalkan kesenian kepada masyarakat selain melalui lembaga pendidikan?

15. Pernahkah menjalin kerjasama dengan media massa untuk mengembangkan kesenian masyarakat?

16. Apakah ada akses dengan lembaga donor untuk meningkatkan aktivitas kesenian dalam masyarakat?

17. Apa bentuk penghargaan yang diberikan Muhammadiyah kepada para seniman?

E. Dakwah kultural dan multimedia

Indikator:

1. Persepsi dan wawasan terhadap dakwah multimedia

2. Tersedianya sumberdaya manusia dan kelembagaan.

Pertanyaan:

1. Bagaimanakah pendapat Anda mengenai dakwah Muhammadiyah melalui multimedia (media cetak, televisi, radio, internet, seluler)?

2. Apakah Muhammadiyah telah membentuk lembaga khusus yang menangani dakwah melalui cara ini? Apa bentuknya?

3. Apakah Muhammadiyah telah mempunyai/mempersiapkan sumberdaya manusia yang kompeten untuk melakukan dakwah ini?

4. Apa sajakah yang telah dilakukan dalam upaya tersebut?

5. Apakah ranting mempunyai buletin/majalah dakwah?

6. Apa sajakah isi buletin/majalah dakwah tersebut?

7. Bagaimanakah frekuensi terbit buletin/majalah itu tersebut?

8. Siapakah penanggungjawab buletin/majalah tersebut? (perorangan/divisi/bidang/ departernen)

9. Kepada siapakah buletin/majalah tersebut didistribusikan?

10. Apakah masyarakat umum (selain warga Muhammadiyah) juga termasuk sasaran dakwah melalui media cetak tersebut?

11. Bagaimanakah tanggapan jama'ah terhadap buletin/majalah tersebut?

12. Apakah ada pihak lain yang ikut terlibat dalam aktivitas dakwah tersebut selain warga Muhammadiyah?

13. Apa bentuk keterlibatannya?

14. Apakah Anda mengetahui fasilitas Dakwah Seluler Muhammadiyah?

15. Apakah Anda sudah berlangganan dakwah seluler tersebut?

16. Berapa banyakkah anggota ranting yang telah memanfaatkannya?

III. Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM)

A. Tingkat Pemahaman Terhadap PHIWM

1. Apa yang Anda pahami tentang PHIWM?

2. Sudahkah PRM/PRA yang Anda pimpin mensosialisasikan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) hasil Muktamar Ke-44 di Jakarta? Bentuknya seperti apa/melalui sarana apa? Kapan? Di mana? Siapa yang diundang? Berapa yang hadir?

3. Menurut Anda, apakah sosialisasi PHIWM tersebut berhasil?

4. Apakah setiap warga Muhammadiyah di sini sudah memiliki buku PHIWM?

B. Pelaksanaan / Pengamalan PHIWM

1. Apa sajakah yang telah dilakukan oleh PRM untuk menggerakkan warga Muhammadiyah melaksanakan PHIWM?

2. Bagaimanakah tanggapan warga Muhammadiyah terhadap PHIWM?

3. Sudahkah PRM berkoordinasi dengan jajaran majelis, badan, lembaga, ortom dalam pelaksanaan PHIWM tersebut? Apa dan bagaimana bentuk koordinasi tersebut?

4. Dari sekian banyak aspek dalam PHIWM, aspek apa sajakah yang sudah diamalkan oleh warga Muhammadiyah di sini? Bag aimana bentuk pengamalannya?

5. Pernahkah Pimpinan Muhammadiyah baik di tingkat Ranting, Cabang, Daerah maupun Wilayah melakukan evaluasi/pemantauan terhadap pelaksanaan PHIWM?

Tidak ada komentar: